Sukses Besar! Komunitas KSK & KKN 26 UMD UNEJ 2023 Angkat Pamor Desa Melalui Inovasi Produk Lokal – Kompasiana.com

جدول المحتويات
تاريخ النشر

Desa Kalisat, Ijen, Bondowoso (10/08/2023) – Dalam dunia yang penuh dengan produk dan kompetisi yang semakin ketat, pemasaran menjadi tulang punggung bagi kesuksesan suatu produk. Menemukan cara yang efektif untuk mengenalkan produk kepada konsumen potensial adalah langkah penting dalam menggerakkan roda ekonomi lokal. Hal ini pula yang dijadikan landasan oleh Komunitas Ibu PKK Desa Kalisat bersama Mahasiswa KKN 26 UMD UNEJ 2023 ketika mereka memutuskan untuk mengangkat citra desa dan menggerakkan perekonomian melalui produk lokal seperti permen SuKa dan BriChar. Pemasaran bukan hanya sekadar strategi bisnis, tetapi juga sarana untuk mengenalkan ciri khas desa dan menghubungkannya kepada masyarakat.

Pencarian pasar yang cermat merupakan salah satu langkah awal yang dilakukan untuk dalam pemasaran produk-produk lokal ini kepada masyarakat. Komunitas Senyum Kalisat (KSK) dan Mahasiswa KKN menjelajahi berbagai toko di sekitar desa. Langkah ini bukan hanya sekadar mencari tempat untuk mejual, tetapi juga untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan. Kabare, Malabar dan Sky Cafe dipilih sebagai mitra penjualan untuk produk permen SuKa & BriChar. 

Melalui sistem titip, komunitas menjalin hubungan yang erat dengan toko-toko tersebut, menciptakan lingkungan pemasaran yang inklusif dan berkelanjutan. Tidak hanya berhenti di situ, mereka juga memperluas pemasaran untuk produk BriChar. 

Kerja sama dengan toko pertanian Pak Haji Sempol, membawa produk briket dan biochar ini semakin dekat dengan masyarakat yang membutuhkan seperti pekebun. Respons positif didapatkan dari salah satu warga, Pak Agus memberikan apresiasi manfaat Biochar untuk tanaman sayur, dan memberikan dorongan bagi komunitas ini untuk terus berinovasi. 

“Saya tidak menyangka, kotoran kambing, yang sebelumnya dianggap tak berharga disini, mampu melahirkan nilai yang luar biasa melalui inovasi adik-adik mahasiswa KKN. Biochar ini menyuburkan tanah untuk beberapa tanaman sayur yang saya tanam,” ungkapPak Agus dengan penuh kekaguman.

Dokpri. Pengaplikasian Biochar pada tanaman oleh salah satu warga
Dilain waktu, momentum bersejarah pada peringatan 17 Agustus memberikan panggung baru bagi Komunitas KSK. Stand penjualan permen SuKa dibuka, dan berhasil menjual lebih dari 25 pouch permen terjual habis dalam sekejap. Kegembiraan dan kepuasan anggota komunitas, terutama Bu Yeyen, yang melihat produk mereka diterima dengan antusias oleh anak-anak hingga ibu-ibu, menjadi bukti bahwa permen SuKa memiliki tempat khusus di hati masyarakat. Keberhasilan ini menjadi pendorong semangat untuk terus berkarya, meningkatkan produksi, dan merambah pangsa pasar yang lebih luas.

Dokpri. Pemasaran Produk bersama Bu Yeyen, Anggota Komunitas KSK
Tidak hanya itu, Kunjungan Kemenparekraf ke Ijen Geopark menjadi momen langka untuk memamerkan produk-produk hasil inovasi karya Komunitas KSK yang didampingi mahasiswa KKN Kelompok 26 UMD UNEJ 2023. Melalui Expo yang diinisiasi oleh Pokdarwis Kalianyar untukmenyambut kunjungan ini, dijadikan wadah bagi masyarakat Ijen untuk memperkenalkan produk-produk khas kecamatan Ijen. 
Apresiasi diberikan oleh Mas Nurul, Pengelola Sky Cafe sekaligus Pokdarwis Kalianyar, terhadap permen SuKa dan BriChar memberikan warna baru untuk oleh-oleh khas wisata Ijen. Produk-produk ini bukan hanya sekadar produk jualan semata, tetapi juga simbol inovasi lokal yang berpotensi memberikan dampak positif pada sektor pariwisata Ijen Geopark.

      
Dokter 97 tahun merekomendasikan cuci pembuluh darah di rumah.
Recommended by
Kerja keras, kreativitas, dan kerjasama adalah kunci dalam mengangkat citra suatu desa. Kolaborasi komunitas KSK dan Mahasiswa KKN 26 UMD UNEJ dalam memasarkan produk lokal merupakan salah satu usaha untuk membawa perubahan sebuah desa agar dapat dikenal oleh masyarakat luar. Melalui permen SuKa dan BriChar, diharapkan produk lokal khas asli Kalisat memiliki daya tarik yang tak kalah dengan produk-produk besar.

Konten ini telah tayang di Kmpasiana.com dengan judul “Sukses Besar! Komunitas KSK & KKN 26 UMD UNEJ 2023 Angkat Pamor Desa Melalui Inovasi Produk Lokal”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com urmuhimawann/64de0f5d633ebc22ee5170b2/sukses-besar-komunitas-ksk-kkn-26-umd-unej-2023-angkat-pamor-desa-melalui-inovasi-produk-lokal

Kreator: KKN UMD 26 UNEJ KALISAT IJEN

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

التصنيفات